SEJARAH

Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) adalah suatu organisasi profesi yang menghimpun para perangkai bunga. Terbentuknya organisasi tersebut pada tahun 1981 dengan nama Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) yaitu dengan melalui lokakarya merangkai bunga yang diselenggarakan oleh ASPENI Flora Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Masyarakat, Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Ibu Dra. Ruswonto Kasi PLSPO Dikmas, membidangi lokakarya tersebut dengan dimotori para ahli merangkai bunga pada waktu itu ialah: Ibu Entik Dewabrata, Ibu As Aulina Mahyudin MA, Ibu Elsie Sunarya dan Ibu DJ. Suparta.

Ikatan Perangkai Bunga Indonesia lahir untuk menghimpun para perangkai bunga yang mengikuti ujian nasional, maksudnya agar perangkai bunga bisa me bantu program pendidikan luar sekolah dibidang merangkai bunga dimasyarakat secara tertib dan terarah sesuai dengan program Dikmas, sehingga lahirlah Sub Konsorsium yang pertama dengan ketua Ibu Entik Dewabrata dibantu oleh tenaga ahli seperti Ibu As Aulina Mahyudin MA, Ibu Elsie Sunarya.

Sedang untuk organisasi IPBI ditunjuklah Ibu Seri C. Situmeang yang dianggap mampu untuk mengorganisir massa pada waktu itu. Nama IPBI mendapat tambahan Menur dan penambahan kata ahli. Namun pada munas pertama yang diadakan tahun 1988 disepakati nama tetap Ikatan Perangkai Bunga Indonesia dengan singkatan IPBI, dengan logo yang berubah-ubah sampai akhirnya di tetapkan logo yang pas dengan bunga melati, anggrek bulan dan raflesia arnold sebagai logo IPBI dalam munas ke IV di Bandung tahun 2000.

Munas IPBI ke II diselenggarakan pada tahun 1992 dengan masa kerjanya 3 tahun, yaitu tahun 1992-1995 dengan ketua umum yang terpilih yaitu Ibu Sumiati Hamdi, sampai pada Munas IPBI ke III yang diadakan dijakarta pada tanggal 28 September 1995 dan terpilihnya Ibu Els Tiwar sebagai ketua umum IPBI untuk periode 1995-1998 keanggotannya sudan berjumlah kurang lebih 500 orang yang tersebar diseluruh Indonesia dan terdiri dari perangkai bunga dan pecinta bunga.

Munas ke IV didelenggarakan tanggal 1-2 mei 2000 di Bandung dengan ketua terpilih Ibu Entik Dewabrata dengan ]masa kerja 2000-2004.Terakhir Munas V diselenggarakan di jakarta tanggal 2 Februari 2004 dengan ketua terpilh Ibu Irin Yasin dengan masa kerja 2004-2008.
Munas ke VI diselenggarakan di TMII Jakarta, dengan ketua terpilih Bapak Andy Djati Utomo S.Sn, AIFD, CFD untuk periode 2008 – 2012.
Munas ke VII diselenggarakan di Pitagiri Jakarta, dengan ketua terpilih Bapak Andy Djati Utomo S.Sn, AIFD, CFD untuk periode 2012 – 2016.